E-MAIL
fitk@uin-malang.ac.id
LOCATION
Jl. Gajayana No. 50 Kota Malang Kode Pos 65144

Laboratorium Bimbingan Konseling

LABORATORIUM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI

MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

  1. VISI DAN MISI LABORATORIUM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Visi

Menjadi laboratorium yang profesional, humanis dan siap membangun kematangan karir mahasiswa.

Misi

  1. Menyelenggarakan program layanan dalam bidang pribadi, sosial, akademik, dan karir untuk membantu mahasiswa menjadi pribadi yang mandiri
  2. Memfasilitasi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pribadi, sosial, akademik dan karir
  3. Memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan bakatnya melalui layanan penyaluran dan penempatan sesuai bidangnya
  4. Memfasilitasi mahasiswa dalam rangka pemilihan karir masa depan
  5. Menyediakan berbagai informasi penunjang pemilihan karir masa depan
  1. TUJUAN PENYELENGGARAAN LABORATORIUM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

            Laboratorium bimbingan konseling memberikan pelayanan kepada civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang khususnya Mahasiswa yang dilakukan secara individual atau kelompok terutama yang berorientasikan pemilihan karir masa depan. Tujuan penyelenggaraan laboratorium Bimbingan Konseling dipaparkan sebagai berikut :

  1. Agar individu memiliki pemahaman diri, sosial, lingkungan, sehingga dapat berkembang secara optimal.
  2. Agar individu dapat terfasilitasi secara efektif segala potensi sesuai kondisi dan lingkungannya.
  3. Agar individu mampu memecahkan permasalahan terkait pribadi, sosial, belajar dan karir.
  4. Agar ketrampilan individu yang berguna untuk kehidupan sehari-hari dapat dikembangkan secara optimal.
  5. Menghantarkan individu memiliki kematangan karir untuk perencanaan masa depan.
  1. SASARAN LAYANAN LABORATORIUM BIMBINGAN DAN KONSELING

               Sasaran pelayanan laboratorium Bimbingan dan Konseling UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah segenap civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan difokuskan kepada mahasiswa.

  1. SARANA DAN FASILITAS
  2. Personil

Berdasarkan Surat Keputusan Dekan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dikelola oleh 2 orang personil dengan kualifikasi magister Bimbingan Konseling serta 3 orang asisten dari mahasiswa yang sudah diberikan pelatihan terkait penyelenggaraan laboratorium Bimbingan Konseling.

  1. Fasilitas

Laboratorium Bimbingan dan Konseling UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki ruangan yang cukup memadai serta beberapa fasilitas penunjang layanan diantaranya alat penyimpanan data, berbagai instrumen penunjang pelayanan bimbingan dan konseling, dan berbagai media elektronik.

  1. Kerjasama

Laboratorium Bimbingan dan Konseling menjalin kerja sama dengan berbagai pihak diantaranya tenaga medis, sekolah-sekolah negeri maupun swasta, serta pihak lain yang berpotensi untuk membantu pengembangan sumberdaya manusia secara optimal.

  1. PROGRAM LAYANAN LABORATORIUM BIMBINGAN DAN KONSELING
  2. layanan laboratorium bimbingan dan konseling meliputi empat aspek yakni pribadi, sosial, akademik, dan karir. Hal-hal yang berkenaan dengan aspek tersebut dapat dilayani laboratorium bimbingan dan konseling secara individu maupun kelompok sesuai dengan alur pelayanan yang sudah dicantumkan.
  3. Layanan Dasar
  1. Layanan orientasi personil bimbingan, lingkungan kampus, fasilitas kampus, tata tertib kampus, unit kegiatan mahasiswa
  2. Layanan informasi cara belajar efektif, penulisan karya ilmiah, menghadapi ujian, membuat cacatan yang baik, memanfaatkan  waktu luang, meningkatkan percaya diri, mengatur keuangan pribadi, menjaga penampilan diri, cara bergaul sehat, kesehatan fisik, bahaya free sex, perencanaan karir, jenis-jenis pekerjaan.
  3. Layanan bimbingan kelompok
  4. Layanan pengumpulan data pribadi mahasiswa, data konseling, data nilai akademik, study habbit, who am I,dan sosiometri.
  5. Layanan Responsif
  1. Layanan konseling individual
  2. Layanan konseling kelompok
  3. Konferensi kasus
  4. Kunjungan rumah
  5. Referal (alih tangan kasus)
  6. Layanan Perencanaan Individual
  7. Layanan penyaluran
  1. ALUR PELAYANAN LABORATORIUMORATORIUM BIMBINGAN KONSELING

Pelayanan laboratorium Bimbingan Konseling UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diselenggarakan menggunakan prinsip kesukarelaan, keterbukaan dan kerahasiaan. Civitas akademika yang menghendaki layanan dapat secara langsung mendatangi laboratorium BK  guna mendaftarkan diri ke petugas untuk memperoleh jenis dan bentuk layanan yang diperlukan. Peserta layanan juga dapat mendownload formulir layanan dari website UIN Maulana Malik Ibrahim. Peserta layanan juga dapat membawa surat pengantar dari pihak terkait (seperti surat pengantar dari dosen/ketua jurusan/dekan).