FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bersiap melaksanakan asistensi mengajar bagi mahasiswa yang sudah memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan. Kegiatan ini menjadi salah satu fase penting dalam pembentukan karakter guru profesional yang inovatif, kreatif dan berdedikasi bagi mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Persiapan kegiatan dilaksanakan di gedung microteaching pada Jumat 3 Januari 2025 dihadiri segenap Tim Microteaching, Ketua Program Studi maupun dosen DPL di lingkungan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Asistensi mengajar memberikan  manfaat yang besar bagi mahasiswa terutama dalam keterlibatan langsung dalam proses belajar mengajar baik di dalam dan luar kelas. “Ini menjadi fase krusial agar mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memahami jatidiri guru profesional secara holistik,” jelas Drs. A. Zuhdi, M.A, dalam memberikan arahan pada segenap dosen DPL

Selama menjalani program Asistensi Mengajar di beberapa sekolah dan madrasah, mahasiswa akan mendapatkan berbagai momen inspiratif dan berkesan. Salah satunya adalah mahasiswa mengalami proses perancangan strategi belajar yang efektif dalam berbagai lingkungan dan kondisi siswa. Hal ini dapat memicu mahasiswa menjadi lebih antusias dan semangat dalam menjalani fase menjadi guru profesional yang kreatif.

Berikut Kalender Pelaksanaan Asistensi Mengajar FITK Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai berikut:

  1. 16-20 Desember 2024
    • Pendaftaran online (jumlah SKS di-upload, transkrip nilai)
    • Tempat: Google Form
  2. 21-23 Desember 2024
    • Verifikasi Berkas Pendaftaran
    • Tim: Tim Microteaching
  3. 24 Desember 2024
    • Pengumuman hasil verifikasi berkas pendaftaran
    • Tempat: Google Form
  4. 27 Desember 2024
    • Masa banding bagi yang tidak memenuhi syarat
    • Tempat: Online
  5. 30 Desember 2024
    • Pengumuman Lolos Asistensi Mengajar (AM)
    • Tempat: Website
  6. 31 Desember 2024
    • Pembagian Kelompok Asistensi Mengajar (AM)
    • Tempat: Online
  7. 6-7 Januari 2025
    • Pelacakan Sekolah
    • Tempat: Offline
  8. 8 Januari 2025
    • Pembukaan Asistensi Mengajar dan Sosialisasi Asistensi Mengajar (oleh Dekanat, Prodi, DPL, dan Tim Microteaching bagi mahasiswa)
    • Tempat: Gedung Sport Center UIN Malang
  9. 8 Januari 2025
    • Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bertemu dengan mahasiswa
    • Tempat: Gedung A dan B
  10. 9 Januari 2025
    • Sosialisasi dan Penguatan Modul Ajar bagi Mahasiswa Asistensi Mengajar oleh Guru Pamong
    • Tempat: Offline
  11. 9 Januari 2025
    • Sosialisasi Asistensi Mengajar bagi Sekolah
    • Tempat: Online
  12. 10-11 Januari 2025
    • Observasi dan pengenalan lingkungan RA/BA/TA/TK, Madrasah/Sekolah
    • Tempat: Offline
  13. 13-14 Januari 2025
    • Penyerahan Mahasiswa ke RA/BA/TA/TK, Madrasah/Sekolah
    • Tempat: Offline
  14. 13 Januari – 16 Mei 2025
    • Pelaksanaan Kegiatan PKL di RA/BA/TA/TK, Madrasah/Sekolah
    • Tempat: Offline
  15. 15-16 Februari 2025
    • Kunjungan Monitoring oleh DPL
    • Tempat: Offline
  16. 11-12 April 2025
    • Supervisi oleh Pimpinan FITK dan Pengelola Asistensi Mengajar
    • Tempat: Offline
  17. 14-15 Mei 2025
    • Penarikan Mahasiswa dari Lokasi AM
    • Tempat: Online
  18. 19 Mei 2025
    • Penyerahan dokumen dari RA/BA/TA/TK, Madrasah/Sekolah ke tim AM
    • Tempat: Offline
  19. 20 Mei 2025
    • Penyerahan Laporan KKM (Kelompok dan Individu) Mahasiswa ke Panitia Tim Microteaching
    • Tempat: Offline
  20. 22 Mei 2025
    • Penyerahan nilai KKM oleh mahasiswa ke Panitia Tim Microteaching
    • Tempat: Offline