Gelaran PPG Daljab Batch 1 Tahun 2023: Prof. Nur Ali: Kreasikan dan Inovasikan, Fokus Turunkan Angka Ketidaklulusan !

Realisasi pengelolaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2023 dinilai mengalami peningkatan mutu pelayanan akademik secara signifikan. Tak heran apabila LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selalu menjadi perbincangan hangat di antara para pengelola PPG di Indonesia karena tingginya angka kelulusan para mahasiswa PPG. Ini setali tiga uang dengan harapan mahasiswa PPG terutama yang mengikuti Program Dalam jabatan Batch 1 Tahun 2023 yang berkomitmen kuat, sekali ikut langsung lulus.

Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd, Dekan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menekankan agar para pengelola PPG berfokus pada peningkatan mutu kelulusan para retaker. “Ini memiliki fungsi yang strategis, disamping untuk memudahkan klasterisasi kelulusan, apabila pengelola PPG mampu berfokus kepada para mahasiswa yang tidak lulus, maka semakin memperkokoh posisi LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai LPTK terdepan dalam pengelolaan PPG di Indonesia,” jelas Prof. Nur Ali dalam kegiatan Refreshment Dosen dan Pengelola PPG PPG Daljab Batch 1 Tahun 2023 LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dilangsungkan pada Jumat 12 Mei 2023 di hotel Ijen Suites Malang.

Menurut Prof. Nur Ali, kedigdayaan LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam mencapai angka kelulusan yang tinggi bagi para mahasiswa sudah menjadi tradisi. Namun, perlu pula fokus pada upaya serius dalam menurunkan angka ketidaklulusan mahasiswa, terutama yang berstatus retaker. “Maka perlu dibangun komitmen kebersamaan, sehingga yang sulit menjadi mudah. Perlu sinergisitas antar admin LMS (Learning Management System) dan dosen, sehingga berbagai soal penugasan PPG harus terupdate sehingga memiliki relevansi tinggi dengan Ujian Kinerja dan Ujian Pengetahuan. Dengan demikian, proyeksi ketidaklulusan dapat ditekan,” ungkap Prof. Nur Ali.  

Prof. Nur Ali juga menambahkan PPG di tahun 2023 juga diperkaya dengan implementasi kurikulum merdeka belajar dan Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama. “Maka kreasikan dan inovasikan sehingga menjadi terintegrasi,” jelas Prof. Nur Ali.

 Kegiatan ini dihadiri pula oleh  Drs. H. Amrullah, M.Si selaku Direktur Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Kegiatan dihari oleh seluruh dosen dan LMS di lingkungan LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penulis: Angga Teguh Prastyo, M.Pd. Dosen Prodi MPI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Related posts

Asa Raih Capaian Unggul, Prodi TBI FITK Gelar Review Kurikulum

by anggauin
10 months ago

Prof. Nur Ali Komitmen Kawal Para Pengelola Jurnal FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Menuju Terindeks Scopus

by anggauin
1 year ago

PBAK FITK Dibuka dengan Pelepasan Seribu Balon dan Pemukulan Gong

by adminfitk
7 years ago
Exit mobile version