Siap Gelar UKMPPG Profesional, Sukses dan Bermartabat

Profesionalitas peyelenggaraan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang bermartabat selalu menjadi perhatian utama Prodi PPG LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sehari menjelang gelaran UKMPPG, pada 16 Desember 2023, digelar Pembekalan Panitia dan Pengawas Uji Pengetahuan (UKMPPG) Prodi PPG Batch 2 Kategori 1 Tahun 2023 LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada 15 Desember 2023 di Hotel Montana 2 Malang.

Pembekalan panitia dan pengawas memiliki fungsi strategis yakni sebagai upaya serius dalam pembentukan wawasan, pengetahuan, keterampilan , dan teknik untuk menjaga integritas UKMPPG. Kesemuanya diperlukan untuk menjamin kelancaran UKMPPG.  

Hadir dua penyelia TUK (Tempat Uji Kompetensi) UKMPPG yakni Dr. Nur Hasanah, M.Pd dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Dr. Siti Halimah, M.Pd UIN  Sumatera Utara Medan. Hadir langsung dalam kegiatan, Kaprodi PPG LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Samsul Ulum, MA didampingi segenap pengelola PPG, panitia dan pengawas UKMPPG.

 Dalam kesempatan tersebut, Prof. Samsul memberi laporan UKMPPG yang dinilai sudah siap. “Dimulai tadi malam dengan doa bersama, dan baru saja sudah melaksanakan uji coba sistem. Diharapkan semuanya mengawas. Pada Batch 2 kali ini, TUK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengawasi 1412 mahasiswa PPG, 760 dari mapel (mata pelajaran) guru PAI, 152 dari Guru mapel katolik, 12 guru mapel bahasa Indonesia, selebihnya guru madrasah,” jelas Prof. Samsul. Prof. Samsul menambahkan, terdapat karakteristik yang berbeda dengan tahun sebelumnya, terutama mengawasi guru mapel dengan jumlah yang lebih bervariasi dari tahun sebelumnya. “Sampai sekarang panitia terus mendorong dan memastikan peserta benar-benar siap terutama dengan perangkat yang digunakan. Mereka ini all out mengkondisikan kelas dengan luar biasa. Dipantau terus menerus sehingga besuk benar-benar siap,” tegas Prof. Samsul.

Acara dibuka langsung oleh Dr, Marno, M.Ag selaku perwakilan Dekanat FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dr. Marno menegaskan saat ini menjadi momentum yang penting dalam kelulusan PPG melalui UKMPPG. “Pengawas dinilai sudah mumpuni, berpengalaman serta mampu memberikan solusi saat terjadi masalah dalam UP. Tidak ada kendala yang berarti. Setiap permasalahan yang muncul direspon dengan solutif. Lancar dari sisi petugas maupun dari jaringan internet, kelistikan dan ruang,” urai Dr. Marno.

Dalam kegiatan inti, kedua penyelia menyampaikan salut yang luar biasa kepada Prodi PPG LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam mempersiapkan diri kesuksesan UKMPPG. Ini terlihat dari aktivitas grup WA Pengawas UKMPPG yang sangat padat. Dalam kesempatan tersebut dilakukan Briefing kepengawasan. “Meskipun sudah berkali-kali, namun tetap harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuan utamanya, memastikan bahwa pelaksanaan UP berbasis domisili berjalan sesuai dengan tujuan dan prosedur yang telah ditetapkan. Selain itu juga agar panitia nasional memperoleh balikan (feedback) tentang permasalahan-permasalahan dan kelemahan pelaksanaan untuk perbaikan pelaksanaan UP saat ini dan di masa mendatang. Kami mendengarkan apa yang terjadi dan kelemahan sebelumnya ke tingkat nasional,” jelas salah satu penyelia Dr. Siti Halimah.

Penulis: Angga Teguh Prastyo, M.Pd

Related posts

Demi Menjaga Marwah Guru Profesional,Prof. Ali Tekankan RPL Mahasiswa PPG Harus By Design

by anggauin
8 months ago

Prof. Nur Ali, Tekankan Pentingnya Menjaga Transparansi, Kredibilitas dan Profesionalitas dalam Gelaran UP UKMPPG Batch-3

by anggauin
1 year ago

Samakan Persepsi Lewat Refrehment Dosen dan Guru Pamong Penguji UKIN UKMPPG

by Agung Prasetiyo
6 months ago
Exit mobile version