Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat sejalan dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, termasuk jaringan komputer. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung juga telah dikembangkan sebagai upaya untuk mendukung dan mempermudah aktivitas kehidupan manusia dan organisasi, termasuk kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan.

Menyikapi perkembangan dan kemajuan ICT tersebut, guru dituntut untuk menguasai teknologi (ICT) agar dapat mengembangkan materi-materi pembelajaran berbasis ICT dan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dan kesempatan yang lebih luas kepada pebelajar dalam belajar.

Profesionalisme guru tidak hanya mencakup kemampuan membelajarkan siswa, tetapi juga kemampuan mengelola informasi dan lingkungan (yang meliputi tempat belajar, metode, media, sistem penilaian, serta sarana dan prasarana) untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa sehingga menjadi lebih mudah.

Oleh karena itu, kegiatan pelatihan dan lokakarya maupun workshop ICT bagi guru dan pendidikan calon guru yang mengintegrasikan ICT di dalam kurikulum dapat meningkatkan keterampilan ICT dan keinginan mereka untuk mengintegrasikannya di dalam proses belajar mengajar

Tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah :

  1. Memberikan pemahaman tentang urgensi media dan sumber belajar dalam pembelajaran.
  2. Mengetahui dan memahami tehnik memilih, memanfaatkan dan mengembangan media pembelajaran.
  3. Mampu membuat media pembelajaran berbasis ICT dengan berbagai macam aplikasi.