Keberhasilan pengelolaan pendidikan profesi guru dalam jabatan berdampak pada terciptanya sosok guru profesional yang berkembang sesuai dengan kompetensi yang disyaratkan undang-undang, memiliki pemikiran visioner dan tanggap bahkan dinamis terhadap perubahan kebijakan yang ada. Ini yang menjadi salah satu pokok pikiran yang mengemuka pada Kegiatan “Refreshment Dosen dan Guru Pamong PPG Daljab LPTK UIN KHAS Jember Tahun 2023”, dengan menghadirkan Mohammad Miftahusyai’an, S.Pd.I, M.Sos (Sekretaris Prodi PPG UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Dalam kesempatan itu, dosen yang biasa disapa Mas Boy tersebut menyampaikan materi berkaitan dengan tema “Best Practice: Peningkatan Profesionalitas Guru melalui PPG Daljab” yang dilaksanakan pada Rabu, 05 Juli 2023 dengan mengambil tempat di Hotel Dafam Fortuna Jember (Exs Meotel Jember).

Mohammad Miftahusyai’an, menegaskan bahwa kunci keberhasilan pengelolaan PPG Daljab terletak pada 18 program unggulan yang diimplementasikan secara konsisten, disiplin dan berkelanjutan.Adapun 18 program unggulan tersebut meliputi:

Pertama, profesionalitas wali kelas atau pendamping kelas. Kedua, dosen pengajar sesuai keahlian dan berintegritas. Ketiga, Sistem penjaminan mutu yang berklanjutan. Keempat, survei kepuasan yang selalu aktual. Kelima, monitoring PPL. Keenam, tracer studi, Ketujuh, memperkuat ikatan keluarga alumni mahasiswa PPG. kedelapan, perlibatan guru pamong dari para alumni mahasiswa PPG. Kesembilan, bimbingan teknis beda kisi-kisi ujian pengetahuan (UP) oleh para alumni. Kesepuluh, bimbingan teknis pada kisi-kisi ujian pengetahuan oleh dosen baik daring maupun luring. Kesebelas, penyusunan soal try out ujian pengetahuan (UP). Keduabelas, pelaksanaan try out sebanyak 10 kali. Ketigabelas, pelaksanaan try out ujian pengetahuan (UP) berbasis SEB (safe Exam Browser). Keduabelas, Keempatbelas, pelaksanaan try out dengan pengawas. Kelimabelas, bedah soal try out ujian pengetahuan (UP) bersama dosen. Keenambelas, pendampingan Ukin (Uji Kinerja) selama 6 hari. Ketujuhbelas, memotivasi mahasiswa menjelang ujian pengetahuan Kedelapan belas, istighosah dan doa bersama menjelang ujian pengetahuan.

Pengelolaan PPG Daljab yang spesifik, terukur dan disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi para stakeholder terkait akan membawa pada sistem manajemen yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, kolaborasi, koordinasi dan penguatan kapasitas personal maupun kelembagaan para pengelola PPG harus selalu konsisten ditingkatkan sehingga mampu memenuhi tuntutan profesionalitas dan peningkatan mutu pengelolaan PPG Daljab yang semakin baik dari hari ke hari.

Penulis: Angga Teguh Prastyo, Tim Helpdesk Prodi PPG LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang