FITK NEWS – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang membuka Semester Gasal Tahun Akademik 2024/2025 dengan acara Sosialisasi Kebijakan dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran, Senin (19/8) di Aula Microteaching. Semua dosen FITK menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Dekan FITK, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd, mengungkapkan bahwa dalam tiga tahun terakhir ia menargetkan penambahan 20 guru besar di fakultasnya. Saat ini, FITK telah memiliki 16 guru besar, dan tujuh calon guru besar telah diajukan pada semester ini.

Prof. Nur Ali juga menargetkan agar tahun ini tercapai sepuluh program studi yang terakreditasi unggul serta lima program studi internasional. Ia menekankan pentingnya dosen untuk fokus pada tugas pokok dan tidak teralihkan oleh kegiatan ad hoc atau pencitraan.

Menurut Prof. Nur Ali, tugas utama dosen meliputi pendidikan dan pengajaran (dikjar), penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ia mengingatkan agar dosen menggantikan jadwal mengajar jika berhalangan dan tidak melupakan tugas utama mereka untuk riset atau pengabdian masyarakat.

Dia juga menegaskan bahwa dikjar harus dilengkapi dengan RPS yang mencantumkan minimal tiga referensi karya dosen. FITK juga akan mengadakan workshop tentang penyusunan soal dan penelitian dalam waktu dekat.

Sementara itu, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, melaporkan bahwa saat ini UIN Malang berada di peringkat 16 besar kampus Islam dunia versi Unirank dan nomor satu PTKIN se-Indonesia. Ia menggarisbawahi empat aspek penting dalam pengembangan kelembagaan: input, proses, output, dan outcome.

Prof. Zainuddin menekankan perlunya evaluasi input mahasiswa dari berbagai jalur serta sinergi dengan alumni. Ia juga mengungkapkan rencana peresmian perkumpulan alumni di luar negeri setelah pelantikan di Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan sosialisasi strategi perkuliahan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Muhammad Walid, M.A., yang membahas masa perkuliahan, RPS sesuai kurikulum OBE, dan standar perkuliahan.